Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup

Lingkungan adalah Keadaan disekitar, termasuk didalamnya benda hidup dan benda mati. Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang berupa makhluk hidup. Baik itu manusia, binatang maupun tumbuhan. Intinya, semua yang memiliki nyawa dan tergolong sebagai makhluk yang bernafas adalah bagian dari lingkungan hidup.

Manusia merupakan bagian dari konsep lingkungan hidup manusia merupakan kunci utama untuk mendapatkan lingkungan hidup yang sehat. Manusia memiliki peran yang tidak sedikit dalam menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Ini terjadi karena manusia merupakan makhluk hidup yang paling banyak berhubungan dengan lingkungan hidup. Manusia bukan saja sebagai pengguna lingkungan tersebut saja, namun juga mampu berperan untuk menjadikan lingkungan hidup itu seperti apa yang mereka inginkan.

Masalah Lingkungan Hidup

Allah berfirman dalam Al-Qur’an di surat Ar-Rum ayat 41, yang arti nya :

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar.”

Kerusakan lingkungan hidup yang saat ini banyak terjadi salah satunya karena peran besar kaum manusia sebagai perusak. Mereka melakukan berbagai aktivitas yang berpotensi menurunkan kualitas sebuah lingkungan hidup. Seperti melakukan  pencemaran, proses pengelolaan lingkungan yang kurang sehat serta tidak menjaga lingkungan yang ada di sekitarnya.

Melestarikan Lingkungan

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan lingkungan hidup di antaranya adalah :

  • Menghentikan penebangan hutan secara liar atau pembalakan. Sebab, hutan memiliki peran sebagai paru-paru bumi yang menyaring udara kotor dan menghasilkan udara segar dan sehat bagi manusia.

 

  • Hindari membuang sampah sembarangan, terutama sampah yang tidak mudah hancur seperti plastik. Karena hal ini akan menyebabkan tanah kurang sehat dan merusak ekosistem tanah. Seperti kurang suburnya tanaman dan matinya binatang dalam tanah seperti cacing. Padahal, cacing sangat dibutuhkan untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah.

  • Budayakan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan atau bisa didaur ulang. Hal ini untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di bumi

  • Kurangi konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi. Tanamkan kebiasaan untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan, seperti yang menggunakan bahan bakar tenaga surya atau juga bersepeda.
  • Kembangkan budaya untuk menanam pohon di sekitar kita. Hal ini akan memperbanyak jumlah pohon yang ada di bumi dan sebagai media untuk memperbaiki kualitas udara bumi.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s