10 hutan yang terancam kepunahan di bumi


Pada tahun 2011 merukapan Tahun Internasional Hutan yang tidak pernah terjadi sebelumnya ketika hutan berada dalam bahaya atau lebih penting lagi. Hutan memasok kebutuhan pendapatan 1,6 miliar orang ,mereka menyimpan lebih dari 25 gigaton karbon sementara 15% dari emisi gas rumah kaca berasal dari perusakan hutan. Sama penting, mereka semacam pabrik kecil di jaring kehidupan, udara bersih, penyerbukan tanaman, obat, tanah yang sehat dan air segar yang semua diproduksi karena interaksi ekosistem hutan.10 titik api hutan yang paling terancam sudah menghilangkan 90% dari habitat mereka tetapi rumah bagi 1.500 spesies tanaman ditemukan di tempat lain di dunia.

10. Eastern Afromontane


Menuju Arab Saudi di Utara ke Zimbabwe di selatan. Albertine Rift memiliki lebih banyak hewan endemik dari tempat lain di Afrika. Geologis itu diciptakan melalui gunung vulkanik, karena yang memiliki danau, bahwa di antara mereka memiliki 617 spesies yang luar biasa ditemukan di tempat lain.Sayangnya hanya ada 11% dari habitat tersisa kini, kebanyakan kalah di pergunakan untuk lahan pertanian untuk kacang, teh dan pisang.

9. Madagascar and the Indian Ocean Islands

Gambar ini menunjukkan kerusakan luar biasa yang terjadi karena penebangan hutan. Madagaskar dan pulau-pulau ini memiliki spesies unik, mereka terputus dari daratan cukup lama berada dalam isolasi evolusi dan banyak spesies benar-benar unik untuk daerah ini saja, sering tanpa sepupu atau hewan lain atau tumbuhan yang berhubungan dengan mereka di daratan. Sayangnya non pertanian berkelanjutan seperti penebangan hutan dan pertambangan merupakan ancaman besar. Hanya 10% dari habitat yang unik yang tersisa dansangat penting untuk menyimpan hal itu tidak hanya untuk flora / fauna tetapi akses masyarakat ke air tawar yang melindungi tutupan hutan. Lebih dari separuh penduduknya tidak memiliki akses terhadap air segar.

8. Coastal Forests of East Africa

Hutan kecil yang membentuk daerah ini memiliki banyak keanekaragaman hayati. Salah satu keuntungan untuk membantu melestarikan 10% sisanya adalah bahwa ada tiga spesies flagship , Tana Sungai Merah Colobus, Tana Sungai Mangabey dan Zanzibar Red Colobus, yang hanya tersisa sekitar 1.000-1.500. Mereka telah menjadi daya tarik wisata utama yang menjadi pertanda baik untuk pelestarian spesies dan mudah-mudahan mereka hidup di hutan yang tidak akan menyerah untuk pertanian.

7. California Floristic Province

Ini akan menjadi kejutan bagi banyak orang bahwa suatu daerah di Amerika ada pada daftar 10 teratas terancam kepuhanan karena kita berpikir bahwa negara maju lebih mungkin untuk menjaga harta alam, tapi sayangnya hal itu tidak selalu terjadi. Kembali ke sekuoya dan pantai redwood , juga rumah-rumah yang terakhir dari condors liar, spesies kritis terancam punah. Sejumlah hewan telah punah dari zona seperti beruang Grizzly yang merupakan hewan negara bagian California. Pada saat ini hanya 10% dari hutan dalam kondisi murni.

6. Mountains of Southwest China

Terkenal di dunia karena menjadi rumah dari Giant Panda, panda merah yang kurang dikenal juga ditemukan di sini. Wilayah ini menyusut sebagian karena pertanian, pembangunan jalan dan ancaman lain yang ditemukan di kawasan hutan tetapi ancaman terbesar adalah ditimbulkan oleh bendungan. Sudah tidak dapat dibatalkan diubah oleh pembangunan bendungan terbesar di dunia, ThreeGorges Dam di sungai Yangtze. Orang-orang Cina memiliki rencana untuk membangun bendungan pada semua sungai utama dan ini lebih lanjut akanmerugikan ekosistem. Saat ini hanya 8% dari luas hutan asli yang tersisa.

5. Atlantic Forest

Ini kawasan hutan di sepanjang jalan pantai Atlantik Brasil di Argentina, Paraguay dan Uruguay. Dengan 20.000 spesies tanaman yang 40% adalah unik untuk daerah tersebut dan lebih dari dua lusin binatang yang terancam punah termasuk tamarins singa, gula dan kopi perkebunan telahmenghancurkan hutan selama beberapa dekade. Lebih dari 100 juta orang termasuk bisnis manufaktur banyak mengandalkan hutan penutup untuk air tawar.

4. The Philippines

Filipina bukan hanya satu pulau tetapi 7.100 yang merupakan bagian dari hotspot ini. Sayangnya hanya 7% dari hutan yang tersisa dan ini adalah potongan terfragmentasi pada saat itu. Dengan keanekaragaman hayati yang kaya mereka memiliki beberapa spesies menakjubkan termasuk elang terbesar kedua di dunia dan katak panther terbang.

3. Sundaland

Hotspot Sundaland sangat besar, meliputi setengah dari kepulauan Indo-Malaya dengan 17.000 pulau termasuk dua yang terbesar, Kalimantan dan Sumatera. Orangutan hanya dikenal di sini dan dua spesies Badak Asia Tenggara. Bersama dengan harimau, kura-kura dan monyet sedang diambil untuk makanan dan obat-obatan dalam perdagangan hewan internasional. Karet, kelapa sawit dan produksi pulp masalah besar seperti non berkelanjutan dan illegal logging.Dengan hanya 7% dari hutan saat ini, perlu dilakukan sesuatu dengan cepat sebelum orangutan menghilang dari hutan, dengan semua binatang dan tumbuhan, hilang selamanya.

2. New Caledonia

New Caledonia merupakan daerah kecil di Pasifik Selatan, 1200 km dari Australia. Memiliki 5 spesies tanaman endemik termasuk hanya konifer parasit di dunia. Pertambangan nikel, deforestasi dan spesies invasif adalah alasan utama hanya 5% dari hutan yang tersisa.

1. Indo-Burma

Daerah ini adalah rumah bagi beberapa ikan air tawar terbesar di dunia serta berbagai burung dan spesies penyu. Pembendungan skala secara besar-besaran telah membanjiri gundukan pasir dan wilayah yang sarang dibuat selama musim kemarau, rawa-rawa dan lahan basah telah dihancurkan untuk budidaya padi basah dan mangrove bisa berubah menjadi daerah budidaya udang. Hanya 5%dari kawasan hutan asli yang tersisa.

Hutan memainkan peran penting dalam pengadaan air tawar. “Lebih dari tiga perempat air segar diakses dunia berasal dari daerah aliran sungai hutan dan dua pertiga dari semua kota besar di negara berkembang bergantung padasekitar hutan untuk pasokan air bersih.” Untuk alasan ini bukan hanya untuk melindungi spesies endemik tetapi orang-orang yang hidup dan sangat tergantung pada hutan-hutan ini bahwa semua bangsa harus bekerja untuk menyelamatkan apa yang tersisa.

“Hutan harus dilihat sebagai lebih dari sekedar sekelompok pohon Hutan memberikan manfaat penting.. Mereka sudah memainkan peran ekonomi yang sangat besar dalam perkembangan banyak negara sebagai sumber kayu, makanan, tempat tinggal dan rekreasi, dan memiliki lebih besar potensi yang perlu diwujudkan dalam hal penyediaan air,pencegahan erosi dan penyerapan karbon. “

sumber : http://forum.vivanews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s