SEJARAH SEKOLAH

Islam adalah agama yang memberikan pedoman-pedoman dasar bagi kehidupan, baik di bidang sosial,politik, ekonomi, budaya, pendidikan akhlaq dan sains. Semua prinsip dasar tersebut bermuara kepada upaya terciptanya misi universal islam yairu “Rahmatan lil alamin” sehingga betul-betul dapat menjadi Islam adalah agama yang memberikan pedoman-pedoman dasar kehidupan, baik dibidang sosial, umat yang terbaik (khoiro ummah), serta mampu menjalankan fungsi dan peran kehidupan yaitu “kholifatun fil ardi” (khalifah alloh di Bumi) yang senantiasa siap mengolah dan memakmurkan bumi secara amanah dan penuh rasa tanggung jawab.

Oleh sebab itu pendidikan islam ini berorientasi ke masa yang akan datang, karena sesungguhnya anak didik masa kini adalah bangsa di masa datang. Pendidikan sebagai suatu system yang terpadu senantiasa memadukan pendekatan deduktif yang bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah dan hokum alam yang terdapat dalam alam semestra dengan pendekatan deskriptif induktif yang dapat melestarikan aspirasi umat dan peningkatan budaya bangsa sesuai dengan cita-cita kemerdekaan.

Visi ideal itu wajib kita wujudkan karena bagaimanpun setiap pribadi muslim bertanggung jawab penuh atas terciptanya manusia-manusia muslim berwawasan intelektual yang integral dan komitmen moral yang tinggi. Upaya membentuk SDM seperti diatas harus diterjemahkan dalam sebuah system pendidikan yang terpadu dan kontinyu serta kontekstual dengan perkembangan jaman, sehingga anak didik itu mampu berdialog dengan jamannya.

Atas dasar pemikiran Lembaga Islam yayasan IQRO Purwakarta, setelah berhasil mewujudkan program TK Islam IQRO, dan atas desakan orang tua santri juga merupakan tuntutan yang sangat kuat dari orang tua santri TK Islam IQRO pada khususnya maupun masyarakat Purwakarta pada umumnya, maka didirikanlah SD Islam Al-Ghozali pada tahun 1997.

Sekolah Dasar Islam Al-Ghozali adalah salah satu alternative yang dapat mewujudkan harapan dan cita-cita para orang tua yang sennatiasa merasa khawatir jika seandainya dibelakang mereka meninggalkan keturunan yang lemah baik fisik materi, ilmu dan teknologi maupun mental spiritual yang berwawasan iman dan taqwa serta akhlaqul karimah bagi putra-putrinya.

Dengan demikian diharapkan mampu melahirkan anak didik yang berwawasan IPTEK dan mempunyai komitmen IMTAQ yang tinggi sesuai dengan tingkat perkembangannya. Hal ini sangat diperlukan terutama untuk masyarakat Purwakarta yang secara geografis merupakan daerah yang berada pada posisi lintas Ibukota Jawa barat dan Ibukota Indonesia.

Adapun tujuan penyelenggaraan “Sekolah Dasar Islam Al-Ghozali” Yayasan IQRO Purwakarta adalah memberikan bekal dasar khususnya bagia anak yang sebelumnya telah dibina di TK Islam IQRO sebagai generasi Robbani yang mencintai Al-Qur’an, sehingga Al-Qur’an menjadi bacaan dan pandangan hidupnya serta istiqomah berpegang pada nilai-nilai IIlahiyah.

Melandasi anak didik sebagai sumber daya manusia dengan nilai-nilai imaniah dan membangun wawasan intelektual yang luas untuk keperluan perjuangan agama, bangsa, dan Negara.

Mewujudkan harapan dan cita-cita masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk tetap berkesinambungan membimbing putra-putrinya dijenjang pendidikan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s